Saat ini Kita Hidup di Alam Masa Pancaroba

Saat Hidup Harus Memilih
Jakarta (Warta WA Terkini - No Gossip) - Apa yang harus kita lakukan?

Merubah pola pikir lama, menjadi pola pikir manusia kekinian.

Pola pikir lama, salah tiganya;
  • Banyak anak banyak rejeki
  • Carilah Teman sebanyak-banyaknya
  • Gotong Royong
Ketiga pola pikir di atas, yang Pertama sudah ditinggalkan, karena mereka berfikir, saat ini, semakin banyak anak, menjadikan dirinya menciptakan beban yang berat pada perekonomian keluarganya, juga semakin repot dalam mendidik dan mengawasinya.

Kedua, dulu sampai ada pepatah "Teman Seribu Terlalu Sedikit, Musuh Satu Terlalu Banyak" - Untuk saat ini, Motto tersebut sebenarnya hanya pas untuk Lip Service orang-orang politik, untuk meraih dukungan.

Sekarang, semakin banyak teman, kita justru terjebak pada pergaulan yang semakin toxic. Begitulah pola pergaulan saat ini.

Ketiga, dulu jika kita lihat tetangga kesusahan, atau sedang membangun rumah misalnya. Kita datang dengan niat membantu secara Gotong Royong.

Sekarang, mereka datang bukan untuk ber-gotong royong, tetapi melihat peluang, untuk menawarkan jasa (meminta upah)

Dengan melihat ditinggalkannya ketiga pola pikir di atas tersebut, maka jelas benang merahnya adalah, saat ini kita hidup lebih individual.

Saat kita sedang hidup di persimpangan jalan, maka pertanyaannya, kita harus mengambil arah yang mana?

Karena gelombang besar sistem perekonomian kapitalisme tidak dapat dibendung lagi, satu² nya jalan kita harus berselancar... di dua nilai peradaban dunia.

Di rumah, atau di lingkungan keluarga kecil kita, kita tetap harus memegang teguh nilai² warisan leluhur kita. Yang sudah terbukti sehat lahir batin.

Sementara, di luar rumah, kita harus menjadi individu yang sehat. Dengan cara mencintai diri kita sendiri, agar kita tidak tertular menjadi pribadi yang toxic.

Logika di atas adalah pancingnya, ikannya Anda cari sendiri ya! (Kiki Saputra)


wartawaterkini - Warta WA Terkini - No Gossip

IG : @wartawaterkini
Sumber : Sate Jawa - but no Gossip
Photo : Istimewa
Share:

Translate

Pola Pikir

Wanita Cantik di Mata Pria - Beautiful Woman in Men's Eyes

Definisi rupawan di Nusantara: Cakep, Ayu, Cantik, dan Manis Jakarta ( WWT ) - Articles in English, after Articles in Indonesian Kami ingin ...

Arsip Blog