TikTok : Saat Dunia Maya Seperti Dunia Nyata

Jakarta (Warta WA Terkini - No Gossip) - TikTok Shop ditutup tanggal 4 Oktober 2023 jam 17.00. Opini Pro-Kontra langsung menyebar di seantero Indonesia. Kalau mengutip kata-kata SBY, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Awalnya saya biasa saja menanggapinya, saya hanya berfikir ini hanya soal keteledoran saja.

Tapi setelah melihat kenyataannya, dimana pembicaraan ini tidak henti²... Trending-nya hampir sama dengan kasus Jessica (Doa saya semoga segera dibebaskan), yang trending terus sepanjang bulan Oktober - November ini.

Pertanyaan saya, apa sih hebatnya Social Commerce, dibandingkan dengan Media Social atau Marketplace?

Kalau Media Social dikaitkan dengan dunia nyata analoginya adalah, semacam Cafe atau tempat Nongki saja. Kita bisa ngobrol sambil berbagi informasi sesama teman.

Sedangkan Marketplace analoginya persis seperti Mall atau Pusat Perbelanjaan saja. Dimana pengunjungnya boleh dibilang orang-orang yang ingin berbelanja atau Windows Shopping sebagai hiburan. Kalaupun di Mall ada hiburan, sangatlah terbatas, semisal sulap atau perlombaan² resmi yang kaku dan penuh aturan.

Sementara Social Commerce persis Pasar Malam, atau sama seperti dalam kehidupan kita sehari-hari saja. 

Di pasar malam misalnya, kita menemui banyak hiburan dan pedagang. Jadi terhibur juga, belanja juga. Antara hiburan dan pedagang, masing-masing menghibur dengan caranya sendiri. Persis seperti antara content joget-joget, dan pedagang yang sedang Live di TikTok dengan Keranjang Kuningnya.

Di kehidupan sehari-hari, semisal kita datang ke mini market dekat rumah, terkadang kita berjumpa ondel-ondel yang menghibur, atau dangdut keliling, yang intinya menghibur, meskipun tidak terintegrasi dengan mini market yang kita kunjungi.

Sementara TikTok dengan Social Commerce-nya menyuguhkan itu semua, jadi hidup di Dunia Maya lebih bercorak, dan persis Dunia Nyata, yang palu gada.


Terimakasih TikTok, engkau membuat "Dunia Maya rasa Dunia Nyata". (Kiki Saputra)

wartawaterkini - Warta WA TerkiniNo Gossip

IG : @wartawaterkini
Sumber : Sate Jawa - but no Gossip
Photo : Istimewa
Share:

Translate

Pola Pikir

Ada Penghianat Bangsa Dalam Pilpres 2024

Pahlawan Jalan Maju, Penghianat Jalan Mundur Jakarta ( Warta WA Terkini - No Gossip ) - Dari mulai isue Politik Dinasti hingga isue Penghi...

Arsip Blog