Perlu Gak Sih Buat Omnibus Law?


Jakarta  (WWT) - Buat gue? Gak perlu. Ye ngapain urusannye gue perlu omnibus law. Ya itu keegoisan gue.

Buat Jokowi? Gak perlu. Ya ngapain kalo untuk diri Jokowi sendiri membuat sebuah "kompilasi" dari peraturan2 yang SUDAH ada jadi satu. Kayak bikin album "Best of ...." aja... :D

Untuk DPR, perlu ga bikin omnibus law. Halah... nambah2in kerja  mereka aja. Ongkang2 kaki, target bikin UU ga tercapai juga mereka gak ada masalah.

Lalu sebenernya buat siapa dong omnibus law ini? Siapa yg memerlukan sampe dibuat?

Ya buat kamu. Kamu yg masih nganggur. Pendidikan sekolah menengah. Berapa juta jumlahnya yg masih nganggur, butuh kerjaan.

Makanya disebut UU Cipta Kerja. Sebuah peraturan yg bisa membuka tambahan lapangan kerja baru buat yg masih nganggur.

Nah sampe sini dulu deh. Jadi bukan buat gue, bukan buat Jokowi, bukan buat DPR, halah... gak perlu, ongkang2 kaki juga hidup enak anggota dewan, mah.

Ya kalo didemo gini, buat Jokowi (secara pribadi dgn egois, dan DPR) batalin aja gak masalah. Jokowi tetep presiden, DPR tetep ongkang2 kaki bobo nyenyak.

Nah jadi buat kamu yg masih nganggur, kan elu butuh banyak lapangan kerja baru, apalagi persaingan tiap tahun makin nambah. Gimana dah caranya bisa ada lapangan kerja buat elu, ya elu yg emang sungguh2 mau kerja.

Jalannya tentu aja dengan adanya investor yg menggelontorkan uang ke daerah elu. Bikin bisnis, bikin usaha, bikin pabrik, bikin perusahaan, supaya elu2 bisa punya lebih banyak kesempatan dan peluang dapet kerjaan.

Itu makanya disebut UU Cipta Kerja.

Supaya ada investor yg masuk ke daerah elu dengan senang hati, maka perizinannya dipangkas, gak lagi berbelit2 dengan berbagai tumpang tindih UU antar sektor. 

Makanya UU antar bidang sektor yg saling silang satu sama lain itu digabungin bagian2 yg beririsan dalam satu UU. Makanya disebut omnibus. 

Jadi kalau omnibus law ini sebuah produk, dan tiap produk pasti punya sasaran spesifik. Maka sasarannya adalah kamu2 yg masih nganggur dan belum kerja.

Jadi ironis sebenernya UU yg sasarannya utk mereka yg masih nganggur DI-DEMO dan ditolak sama mereka yg udah kerja punya penghasilan tetap tiap bulan, ditambah uang lembur atau tunjangan lain. UU ini juga didemo sama mahasiswa yang kalau mereka lulus, mereka mana mau jadi buruh. Kan anj*ng....

Sekarang omnibus law masih banyak pasal2 yg dianggap bermasalah. Ya ga perlu demo. Bertarung secara intelektual, berikan kajian komprehensif dan mendalam di mana saja kelemahan omnibus law. Dan juga bisa diajukan judicial review ke Mahkamah konstitusi.

Omnibus law ini, sekejap dibatalin juga presiden dan DPR gak rugi apa2. Yg rugi siapa? Ya kalian yg masih nganggur, krn produk hukum ini sasaran akhirnya adalah membuka lapangan kerja buat kalian yg masih nganggur.

Paham coy?!

(Erri Subakti)

Sumber : Sate Jawa 
Foto : Istimewa
Share:

Translate

Pola Pikir

Ada Penghianat Bangsa Dalam Pilpres 2024

Pahlawan Jalan Maju, Penghianat Jalan Mundur Jakarta ( Warta WA Terkini - No Gossip ) - Dari mulai isue Politik Dinasti hingga isue Penghi...

Arsip Blog