Home » , » Komunisme dan PKI: _Yang Telah Mati, Yang Terus Dipolitisasi

Komunisme dan PKI: _Yang Telah Mati, Yang Terus Dipolitisasi

¤ *Hermawan Sulistyo* berhenti sejenak di tengah-tengah perbincangan, ketika istrinya menunjukkan tayangan perdebatan antara mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) *Gatot Nurmantyo* dengan Direktur Eksekutif Amnesty Internasional *Usman Hamid* di salah satu siaran televisi swasta yang bertajuk _“Siapa Mau Nobar Film G30S PKI”._ 


¤ Sejarawan *LIPI* yang selama *20 tahun* meneliti tentang PKI itu selesai menyimak perdebatan keduanya. _“Itu pertarungan politik, bukan upaya perbaikan sejarah supaya bangsa ini belajar,”_ ujar pria yang akrab disapa *Kikiek* itu menanggapi pernyataan Gatot saat berbicang dengan Tempo

¤ Belakangan, penyataan Gatot soal pemutaran kembali film _“Pengkhianatan G30S PKI”_ memang menuai perhatian. Lewat cuitannya di twitter, _Gatot menantang Kepala Staf Angkatan Darat Mulyono_ dan _Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto_ untuk menggelar nonton bareng film yang disutradarai oleh *Arifin C. Noer* itu.
¤ Kikiek menyebut, _isu PKI *memang biasa dimunculkan di tahun-tahun politik,* sebagai instrumen pertarungan politik_. 

*“Dan sebagai instrumen pertarungan politik, isu ini masih efektif untuk mendukung maupun menghancurkan lawan. Tetapi sebagai ideologi, dia (komunis) sudah mati,”* ujar penulis buku _‘Palu Arit di Ladang Tebu’_ itu.

¤ Profesor Riset Bidang Perkembangan Politik LIPI itu menyebut, _komunis adalah ideologi yang *sudah bangkrut* dan *sudah mati* di seluruh dunia._ Di Republik Rakyat Cina sekalipun, ujar dia, _ideologi komunis hanya tinggal di atas kertas._ Namun di Indonesia yang masyarakat-nya *50 persen lulusan SD,* kata Kikiek, _diakuinya memang masih banyak yang *termakan* isu soal kebangkitan komunis._ *“Wong pendapat bahwa bumi itu datar saja masih ada yang percaya. Kita ini mundur 500 tahun ke belakang,”* ujarnya.

¤ Survei teranyar dari _Saiful Mujani Research and Consulting_ yang dirilis pada _September 2017_ lalu, masyarakat yang percaya akan isu kebangkitan PKI sekitar *12,6 persen*. Sisanya, *86,8* mengatakan tidak percaya dan *0,6* tidak tahu atau tidak menjawab. Survei ini menggunakan metode _multistage random sampling_ yang melibatkan *1.220* responden, dengan _margin error_ sebesar *3,1* persen dan _tingkat kepercayaan_ *95* persen.


@ | *Tiga Tokoh di Balik Penghentian Pemutaran Film G 30 S PKI* - 
Nasional Tempo.co
_18 September 2017_ 07:56 WIB

¤ Setidaknya ada *tiga tokoh sentral* yang berperan dalam _dihentikannya pemutaran film Pengkhianatan G30S/PKI._ Mereka adalah Marsekal Udara *Saleh Basarah,* Menteri Penerangan *Yunus Yosfiah,* dan Menteri Pendidikan *Juwono Sudarsono.*

●|๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ● *Jokowi Tegaskan _Tetap Larang Ideologi Komunis_  Selain Pancasila*
02/10/2017

¤ _"Posisi pemerintah sangat jelas. Memegang teguh *TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966*_. 
_Artinya apa ? Komitmen kita, komitmen saya, komitmen pemerintah jelas karena di TAP MPRS Nomor 25 Tahun 66 *jelas bahwa PKI dilarang.* Jelas sekali,”_ tegasnya.
¤ Selain ideologi komunis, pemerintah lanjut Jokowi juga mengajak semua kalangan bersatu dan tidak memberi ruang kepada ideologi selain Pancasila. 


*Always remember... Rumors are carried by haters, spread by fools, and accepted by idiots.*
(Ziad K. Abdelnour)


Edit.
C.310


SUmber : Sate Jawa
Foto : Istimewa

Thanks for reading & sharing Warta WA Terkini - Latest WhatsApp News

Previous
« Prev Post

Warta WA Terkini

Populer