Begadang Rentan Mengalami Beberapa Penyakit

stay up late
Jakarta (WWT) - Dari hasil beberapa riset, mengindikasikan bahwa orang² yang suka begadang akan lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak, dan juga terserang insomnia atau gangguan tidur.

Bahkan dalam jangka panjang, efek bagi orang² yang suka begadang tersebut, dapat memiki risiko yang tinggi akan terjadinya gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda, tergantung usia dan aktivitas sehari-hari. Waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa pada umumnya adalah sekitar 7–9 jam per hari.

Namun jika Anda sulit tidur di malam hari selama itu, Anda bisa mencoba tidur bifasik.

Baca juga : Rahasia Tingkat Kesuksesan Orang yang Suka Begadang

Beberapa efek begadang dan begadang yang harus diwaspadai, antara lain:

1. Begadang bisa mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, begadang juga bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lapar, sehingga pola makan yang tidak teratur.

2. Penuaan dini, karena saat begadang, seseorang akan menghasilkan lebih banyak hormon stres (kortisol). Hormon ini dapat memecah, dan merusak struktur kolagen pada kulit, yakni protein yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kencang dan elastis. Sehingga membuat kulit dan wajah akan menjadi lebih kusam dan kering.

Rusaknya kolagen di wajah, menyebabkan munculnya garis-garis, atau kerutan di wajah, flek atau bintik-bintik kehitaman di wajah, serta mata bengkak, dan muncul lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

3. Menjadi mudah lupa. Hal ini dikarenakan saat seseorang tidur, jaringan dan sel-sel saraf di otak akan mengalami proses perbaikan atau regenerasi.

Sementara, regenerasi jaringan otak adalah penting untuk memperkuat ingatan atau daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan berpikir.

Sebaliknya, baginseseorang yang sering begadang, sel-sel dan jaringan otaknya akan lebih cepat rusak, dan sulit diperbaiki, yang membuat fungsi otak terganggu, sehingga akan lebih sering mengantuk, mudah lupa, dan sulit berkonsentrasi.

4. Penurunan fungsi otak, dimana efek begadang dapat mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi, serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan.

5. Penurunan gairah adalah salah satu efek begadang. Ketika begadang, tubuh bisa menjadi kelelahan, mengantuk, kekurangan energi, dan lebih mudah stres.

6. Peningkatan risiko gangguan mental, dan akan semakin meningkat, jika seseorang memiliki kebiasaan kurang sehat, seperti sering merokok, jarang olahraga, dan tidak menjaga pola makan.

7. Peningkatan risiko terkena kanker. Penelitian menunjukkan, bahwa mereka yang memiliki kebiasaan begadang, atau sering bekerja shift di malam hari, lebih berisiko terkena kanker jika dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup sehari-hari.

Dari penelitian, jika waktu tidur kurang dari 6 jam, bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Hal ini bisa membuat tubuh Anda lebih rentan terkena infeksi bakteri dan virus.

Setelah Anda tahu, bahwa efek begadang tidak ada yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, jadi berpikirlah sebelum memutuskan untuk begadang, dan usahakan untuk tidur minimal 7 jam / hari. (Kiki Saputra)

IG : @wartawaterkini
Sumber : Sate Jawa
Foto : Istimewa
Share:

Translate

Pola Pikir

Ada Penghianat Bangsa Dalam Pilpres 2024

Pahlawan Jalan Maju, Penghianat Jalan Mundur Jakarta ( Warta WA Terkini - No Gossip ) - Dari mulai isue Politik Dinasti hingga isue Penghi...

Arsip Blog