Terapi Jalan Kaki untuk Tetap Sehat

Semua orang tahu bahwa fungsi jantung adalah memompa darah, bukan? Tapi tahukah bahwa tubuh kita juga memiliki pompa darah kedua? Ya.. itulah otot be

Jakarta  (WWT) - Semua orang tahu bahwa fungsi jantung adalah memompa darah, bukan?  Tapi tahukah bahwa tubuh kita juga memiliki pompa darah kedua? Ya.. itulah otot betis kita yang sesungguhnya juga merupakan jantung kedua kita.

Tubuh manusia direkayasa sedemikian rupa sehingga ketika kita berjalan, otot betis memompa darah vena kembali ke jantung.

OTOT BETIS DI KAKI ADALAH JANTUNG KEDUA ANDA

MAKA LAKUKAN TERUS KAKI ANDA UNTUK AKTIF BERGERAK. AYUNKAN LANGKAH SELALU.  JANGAN BIARKAN BANYAK BERDIAM DIRI PASIF. BISA BAHAYA BAGI DIRI ANDA!

Pembuluh darah di betis bertindak seperti penampung darah yang tidak dibutuhkan tubuh ketika sirkulasi pada waktu tertentu.  Vena reservoir ini disebut sinus vena otot. Ketika otot betis berkontraksi, darah diperas keluar dari vena dan didorong ke atas sepanjang sistem vena.  Vena ini memiliki katup satu arah yang menjaga darah mengalir ke arah yang benar menuju jantung, dan juga mencegah gravitasi menarik darah kembali ke bawah ke kaki kita.

Berjalan atau berlari, naik tangga dll memungkinkan kaki memainkan peran utama dalam mekanisme pemompaan betis.  Kaki itu sendiri juga memiliki reservoir vena sendiri yang lebih kecil.  Ketika gerakan pertama kita mengambil langkah, saat meletakkan beban di kaki, darah reservoir vena kaki diperas dan 'memperbaiki' reservoir betis.  Lalu pada tahap langkah berikutnya, otot betis berkontraksi dan memompa darah ke kaki, melawan gravitasi.  Katup menjaga darah mengalir ke arah yang benar dan mencegah gravitasi menarik darah kembali ke bawah.

Jadi, ketika kita tidak bergerak untuk waktu yang lama (duduk di pesawat terbang, kursi mobil, atau kursi selama berjam-jam), otot betis jadi menganggur tidak berkontraksi banyak sehingga membuat darah mandek tidak mengalir.

Itulah sebabnya secara keseluruhan berjalan atau berlari sangat baik untuk sirkulasi darah. Ini akan mencegah pengumpulan darah dan membantu menghambat pembekuan darah yang berpotensi berbahaya, yang disebut deep vein thrombosis (DVT).

Baca juga : Daftar Obat Alami

Kondisi lain yang disebut insufisiensi vena, atau refluks vena juga dapat menyebabkan darah menjadi terkumpul di kaki karena kegagalan katup di otot bekerja dengan baik. Dalam kondisi ini, katup gagal mencegah aliran balik darah ke kaki.  Gejala insufisiensi vena dapat mengarah menjadi berat, seperti merasa lelah, berdenyut, kaki nyeri, pergelangan kaki bengkak, varises menonjol, kram, gatal, kaki gelisah, perubahan warna kulit dan bahkan ulserasi kulit. 

Insufisiensi vena ini adalah gangguan yang sangat umum, berakibat buruk pada lebih dari 40 juta orang di AS.

Dalam beberapa kasus ketika seseorang yang banyak membiarkan kakinya tidak bergerak, seperti berbaring saja, yang nampaknya istirahat di tempat tidur rumah sakit dalam waktu relatif lama, namun darah yang terkumpul bisa menjadi stagnan dan berkembang menjadi gumpalan darah.  Ini disebut deep vein thrombosis (DVT). DVT dapat menyebabkan sakit kaki sehingga bisa bengkak yang berbahaya, lantaran gumpalan darah dapat pecah dan mengalir dalam aliran darah dan lalu tersangkut memenuhi paru-paru kita..!  

Oleh karena itu, ayolah kita terus bergerak. Jangan rasa malas membiarkan kaki kita menganggur pasif. Yuuk exercise jalan atau lari-lari setiap hari. Bersepeda pun boleh juga!! 

Ayunkan langkah setiap hari.

Semoga bermanfaat!

(Louis Prevosti, MD)

Sumber : Sate Jawa
Foto : Istimewa

WWT Multiplex

Nama

Adolescent Psychology,2,Art and Culture,17,Banner / Meme / Poster / Spanduk,20,Behavior,3,Belive,6,Budi Pekerti,7,Bunga Rampai,8,Business,7,Cancer,13,Check Your Own Health,2,Covid-19,19,Culinary,6,Diabetes,4,DPR / MPR,5,Education,1,Ekonomi Politik / Politik Ekonomi,13,Environment,2,Fashion,2,First Aid,4,Food,2,Health,54,History,6,Hoax,4,Humor,11,Important Information,3,Indonesia News,15,Info Penting,45,internasional,1,international politics,1,Kata Kunci,3,Kearifan Lokal,7,Kembalinya Orde Baru,5,Kesehatan,32,Komunis,4,Korupsi,5,Lifestyle,13,Lingkungan,3,List of Natural Medicines,6,Local Wisdom,10,Long life,9,Lowongan Kerja,1,Luar Negeri,1,Mindset,2,Mindset Disease,23,Mindsets,28,Nasional,3,Natural Medicines,43,Nature,1,Obat Alami,4,Pancasila,6,Pemilu / Pilkada / Pilpres,16,Penculikan,4,Pendidikan,4,Peradaban / Sejarah,8,Pola Pikir,6,Political Economy,28,Political Religion,15,Politics,95,Politik Uang / Uang Politik,1,Prilaku Pemimpin,23,Promo,1,Psikologi Remaja,1,Radikalisme,1,Religion,9,Rules and Laws,5,Self Healing,33,Sports,2,Standar Ganda / Standar Tunggal,4,Stay Up Late,2,Technology,8,Teroris,3,Testimoni,1,Therapy,1,Tips,2,Toleransi / Intoleransi,1,Untuk Orang Bijak,8,Variety,27,Warta WA,1,Youtube,3,
ltr
item
Warta WA Terkini - Latest WA News: Terapi Jalan Kaki untuk Tetap Sehat
Terapi Jalan Kaki untuk Tetap Sehat
Semua orang tahu bahwa fungsi jantung adalah memompa darah, bukan? Tapi tahukah bahwa tubuh kita juga memiliki pompa darah kedua? Ya.. itulah otot be
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg21Bad0xtIzdNIdbDZ6v35cFGKsGogKHJZ1G2oEPAqs_TXME6mQeDdgA5JqoOcRtLbfP7173olHGOjnFl2xgDeW9RvCX0sVuWp0fXK563JNGJNk2-a9UlK6-Vt0tuYdoKjrSy8mXRprpmpPuve_DhzrKT6eHmJ1JRlSN-F0oct42s0opbnswZfo9U/w640-h428/IMG-20220426-WA0004.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg21Bad0xtIzdNIdbDZ6v35cFGKsGogKHJZ1G2oEPAqs_TXME6mQeDdgA5JqoOcRtLbfP7173olHGOjnFl2xgDeW9RvCX0sVuWp0fXK563JNGJNk2-a9UlK6-Vt0tuYdoKjrSy8mXRprpmpPuve_DhzrKT6eHmJ1JRlSN-F0oct42s0opbnswZfo9U/s72-w640-c-h428/IMG-20220426-WA0004.jpg
Warta WA Terkini - Latest WA News
https://www.wartawaterkini.web.id/2022/04/terapi-jalan-kaki-untuk-tetap-sehat.html
https://www.wartawaterkini.web.id/
https://www.wartawaterkini.web.id/
https://www.wartawaterkini.web.id/2022/04/terapi-jalan-kaki-untuk-tetap-sehat.html
true
17000587422843156
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy