Tips Menghadapi Situasi saat Serangan Teroris

Dari teman, demi keselamatan:

Mhn ijin atasan, senior ,rekan share trik mengamankan diri ...kemanapun kita masuk gedung, kantor instansi,mall, sekolah, kantor, rumah sakit, bahkan kantor polisi, daerah parkiran....apapun.
 Dalam situasi saat saat ini ,Jangan lupa utk perhatiin dan mengingat pintu keluar darurat yg paling dekat dengan kita.
Dalam kondisi panik & chaos, jangan sampe saling tubrukan , tdk bisa keluar dari lokasi karena tdk tau jalan keluar.

Dan....

Jika tiba2 mendengar teriakan doa tdk lazim yang dlm situasi tidak wajar di tempat umum, (biasanya Allah Hu Akbar) ..maka terdapat  2 pilihan :

1 - kalo terdengar jauh, katakanlah 30 meteran lebih....boleh lari sekencangnya
2 -kalo terdengar dekat atau sangat dekat, jangan lari....tapi segera merunduk/rebah nempel ke lantai & lindungi kepala.

Karena terjangan pecahan metal/gotri bom akan menyasar dari area setinggi pinggang ke atas, sesuai tinggi rompi/ransel bom.
Kecil kemungkinan memantul ke arah bawah.

Selalu waspada dimanapun ya...

Mohon maaf... saya  instruktur Demolition/Peledak termasuk ;Mortir,TP, GLM, Granat Tangan, Ranjau ,TNT,C4 bahkan Bom Laut, kami bukan maksud menggurui, namun hanya mengingatkan kembali pelajaran yg dulu kita pernah dapat di Dasmil mengenai karakteristik ledakan ,secara umum  berupa pecahan adalah :

1. 0 - 50 meter adalah mematikan.

2. 50 - 150 meter adalah melukai.

3. Kecepatan pecahan ledakan kurang lebih 850 Km/Jam.

4. Sudut pecahan adalah dari titik ledak mengarah ke atas kurang lebih membentuk sudut pecahan 90 Derajat.

5. Tekanan ledakan 90 % mengarah keatas dengan membentuk penyebaran sudut elevasi 90 Derajat, sedangkan 10 % tekanan ledakan kebawah.

Kesimpulan :

a. Bahwa apabila kita mendengar suara ledakan keras mustahil kita menghindar dengan cara berlari krn kecepatan ledakan sangat tinggi.

b. Mempertimbangkan sudut ledakan berkisar 90 Derajat.

c. Satu satunya Cara yg terbaik bila ada suara ledakan adalah dengan cara refleks segera secepatnya ambil sikap tiarap. Selain itu sulit kita menghindar (Ini adalah ilmu prosedur standard yg senantiasa diajarkan oleh TNI dalam melaksanakan latihan).

d. Setelah kita tiarap segera PKT/PKM (Perkiraan Keadaan Taktik/Perkiraan Keadaan Medan) utk mengambil langkah berikutnya.

Catatan : Hanya itulah satu satunya cara terbaik menolong jiwa kita jika pas berada disaat terjadinya kegiatan terror peledakan bom ....krn tidak ada pilihan lain            SEMOGA BERMANFAAT

Sumber : Sate Jawa
Foto : Istimewa

Share:

Translate

Pola Pikir

Ada Penghianat Bangsa Dalam Pilpres 2024

Pahlawan Jalan Maju, Penghianat Jalan Mundur Jakarta ( Warta WA Terkini - No Gossip ) - Dari mulai isue Politik Dinasti hingga isue Penghi...

Arsip Blog