Home » » Kerusakan Trumbu Karang Raja Ampat, antara Kebodohan dan Persaingan Bisnis Wisata

Kerusakan Trumbu Karang Raja Ampat, antara Kebodohan dan Persaingan Bisnis Wisata

Kapal Perusak Trumbu KarangJakarta (IndonesiaMandiri) Akibat kapal pesiar Inggris Caledonian Sky  yang tidak sabar menunggu air pasang, berakibat merusak wilayah konservasi terumbu karang dunia di Raja Ampat.

Lebih memprihatinkan lagi, karena area yang rusak sebenarnya masuk dalam zona inti Kawasan Konservasi Perairan Daerah Selat Dampier. Di Kawasan Selat Dampier ini terdapat 50 titik selam ikonik, antara lain; Blue Mangrove, Eagle Rock, Manta Point, dan Cape Kri.
Adakah persaingan dari sisi “Tujuan Lokasi Wisata Penyelaman?” Kalau tidak bodoh sekali Kapten Kapal yang seharusnya mengetahui rambu-rambu, yang juga telah dilengkapi dengan peralatan canggih.
Bagi penyelam, kawasan ini sangatlah berharga, karena kawasan ini memiliki keragaman koral tinggi, yang menjadi tempat memijah beragam jenis ikan komersial, dan menjadi area ketahanan pangan bagi Raja Ampat dan sekitarnya.
Melihat kejadian ini, dapat dikatakan bahwa kita kurang peka terhadap ATHG Kelautan, karena Terumbu Karang butuh waktu lama untuk tumbuh kembali, sementara Terumbu Karang itu “Jualan Wisata Kita”. Kalau itu rusak, kita juga kehilangan potensi  ekonominya. (ssm)
Foto : Istimewa

Sumber : http://indonesiamandiri.id/berita-utama/275-kerusakan-trumbu-karang-raja-ampat,-antara-kebodohan-dan-persaingan-bisnis-wisata.html

Thanks for reading & sharing Warta WA Terkini - Latest WhatsApp News

Previous
« Prev Post

Populer